Senin, 09 November 2009

Rumah Sehat Rumah Idaman


Sebuah rumah merupakan salah satu komponen terpenting yang tak dapat terbantahkan lagi dalam peranannya pada kehidupan umat manusia. Tidak sedikit pula kejadian dan bencana yang menimbulkan banyak kerugian menimpa suatu individu karena tidak tercukupinya kebutuhan primer ini, Rumah. Akan tetapi, dapatkah dipastikan jika kebutuhan akan rumah ini terpenuhi lantas diri kita akan terbebas dari semua masalah kehidupan yang ada? Bukankah kita sebenarnya membutuhkan suatu rumah yang sehat, nyaman, dan menentramkan yang menjadi Rumah Idaman kita? Berikut ini akan disampaikan kriteria apa saja yang menjadikan rumah anda sebagai Rumah Idaman



Berdasar pengamatan beberapa psikolog, jika kita merasa nyaman berada di dalam rumah maka segala sesuatu yang akan kita kerjakan menjadi lebih bersemangat dan memiliki kecenderungan sukses yang lebih besar daripada mereka yang merasa tidak nyaman berada di rumah. Dalam hal ini diartikan bahwa untuk mencapai suatu keberhasilan tidak hanya diperlukan aspek usaha spesifik pada bidang tersebut, tetapi juga harus didukung dengan infrastruktur, seperti rumah, yang baik. Oleh karena itu, adalah sangat penting untuk mendapatkan Rumah Idaman bagi masing-masing orang.

Bagaimana cara mendapatkan Rumah Idaman kita tersebut? Tentu akan tidak sama bagi tiap-tiap orang, namun masyarakat pastilah setuju bahwa rumah idaman mereka adalah rumah yang mampu mendukung segala kegiatan mereka dan mampu meningkatkan performa kerja masing-masing. Untuk mendapatkan segala sesuatu yang mendukung performa mereka, salah satu syarat terpenting yang harus dipenuhi adalah dengan mewujudkan Rumah Sehat.

Rumah disebut sehat apabila memenuhi syarat – syarat :

1. Kesehatan

Suatu rumah disebut memenuhi syarat kesehatan apabila :
Cukup hawa dan aliran udara segar, berarti mempunyai ventilasi yang cukup.

2. Kekuatan bangunan

1. Rumah dengan struktur dan kontruksi bangunan yang cukup kuat sesuai
dengan keadaan setempat.

2. Rumah yang menggunakan bahan yang cukup kuat, tidak mudah
rapuh dan tidak khawatir dapat ambruk sewaktu – waktu.

3. Keterjangkauan

Secara sosial ekonomis, terjangkau oleh pemilik atau penghuni, baik
ongkos / biaya sewa, membeli atau membangun.


Selain syarat-syarat yang ada di atas, terdapat juga beberapa persyaratan yang dijadikan acuan dalam menggolongkan suatu rumah pada predikat Rumah Sehat.

Kriteria Rumah Sehat
Rumusan yang dikeluarkan oleh APHA (American Public Health Association)
bahwa persyaratan rumah sehat :

* Harus memenuhi kebutuhan – kebutuhan physiologis

* Harus memenuhi kebutuhan – kebutuhan psycologis

* Harus terhindar dari penyakit menular

* Harus terhindar dari kecelakaan – kecelakaan


Tentu saja selain itu kita juga masih harus memperhatikan aspek sanitasi, drainase, lokasi, serta sarana dan prasarana lingkungan. Tidak dapat dipungkiri bahwa lingkungan juga sangat memengaruhi aspek kelayakan pada suatu rumah. Di samping hal yang telah diuraikan di atas, bahwa Rumah Sehat yang menjadi ciri dari sebuah Rumah Idaman tersebut juga harus memenuhi aspek persyaratan fisiologis, psikologis, dan bebas dari penularan penyakit. Dari berbagai sumber ilmiah yang didapatkan dari Jurnal Ilmiah internasional yang melansir keterangan dari Winslow dan APHA, didapatkan aspek :

1. Memenuhi kebutuhan fisiologis

2. Memenuhi kebutuhan psikologis

3. Mencegah penularan penyakit


Jika segala kebutuhan dan aspek di atas mampu diwujudkan, akan tercipta suatu rumah sehat yang cukup aman dan nyaman bagi masing-masing penghuni. Tentu saja kenyamanan ini akan menjadikan rumah kita sebagai tempat untuk bernaung dan tempat untuk beristirahat sehingga menumbuhkan kehidupan yang sempurna, baik fisik, rohani maupun sosial.

Dan bagi anda yang mungkin ingin mencari-cari referensi mengenai properti tentang rumah, pembelian rumah, penjualan, dan segala macamnya, dapat anda coba untuk berkunjung ke PropertyKita.com atau berkunjung ke blog Rumah Idaman.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More