Selasa, 19 November 2013

PENERAPAN IQ, SQ, EQ DALAM PENDIDIKAN

Penerapan IQ, EQ, dan SQ sangatlah penting dalam dunia pendidikan. 3 unsur tersebut saling memiliki keterikatan antara satu sama lain. Sehingga 3 unsur tersebut harus memiliki porsi yang seimbang di dalam diri seseorang. Serta IQ, EQ, dan SQ merupakan 3 unsur yang harus benar-benar diperhatikan oleh setiap orang untuk mencapai masa depan yang sukses dan mulia.
IQ (Intelligence Quotien) adalah kemampuan seseorang dalam hal intelektual, analisis, logika, dan dedikasi. IQ merupakan kecerdasan otak untuk menerima, menyimpan, dan mengolah informasi menjadi fakta. Contohnya, orang yang memiliki IQ tinggi adalah orang yang cerdas dan kaya ilmu. Dan biasanya orang tersebut cepat dan tanggap dalam menerima ilmu dan wawasan.
EQ (Emotional Quotien) adalah kemampuan seseorang untuk mengenali perasaan baik pada diri sendiri maupun orang lain. Selain itu juga kemampuan untuk memotivasi diri sendiri, serta kemampuan untuk mengolah emosi dengan baik pada diri sendiri dan orang lain. Contohnya, orang yang memiliki sikap mulia dan terpuji di kehidupan sehari-hari pasti memiliki EQ yang tinggi. Serta juga biasanya orang tersebut disukai banyak orang.
SQ (Spiritual Quotien) adalah kemampuan seseorang untuk mengerti dan memberi makna pada apa yang di hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga seseorang akan memiliki toleransi dan fleksibilitas dalam menghadapi persoalan dimasyarakat. Pada umumnya SQ sering dikaitkan dengan suara hati dimana hanya orang tersebut yang mengetahui jawaban dari masalahnya sendiri. Contohnya, orang yang memiliki SQ yang tinggi adalah orang yang mendalami ilmu agama. Orang tersebut selalu mencoba tenang dalam menghadapi persoalan. Sehingga orang yang memiliki SQ tinggi biasanya telah mengerti apa yang seharusnya dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dikarenakan orang tersebut mengaitkan antara dunia dan akhirat.
Dari uraian diatas daoat disimpulkan bahwa, ketiga unsur tersebut sangatlah memiliki peran sendiri-sendiri dalam menghadapi persoalan. Seperti contoh IQ untuk profesi masa depan, EQ untuk nilai moral kepada orang lain, dan SQ untuk pencarian makna hidup. Atau bisa digunakan untuk pedoman yang lain. Sehingga Ketiga unsur ini patut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya di dunia pendidikan. Karena pada umumnya, pendidikan cenderung meningkatkan pribadi pelajar dalam hal IQ. Apabila seorang pelajar sejak kecil sudah memiliki ketiga unsur secara seimbang, pasti Indonesia akan mencetak generasi muda yang cerdas, terpuji, dan santun. Persoalan mengenai KKN, kebodohan, Kekerasan pasti akan surut dan hilang.
Hal yang penting dan harus digaris bawahi adalah ketiga unsur ini harus seimbang di dalam diri seseorang. Apabila sebagian besar pelajar di Indonesia telah memiliki IQ, EQ dan SQ yang tinggi, saya tidak ragu bahwa Indonesia akan menjadi negara yang memiliki generasi muda penerus bangsa yang sangat cerah. Serta dapat Menjadikan Indonesia yang presatif, inovatif, dan berbudi luhur. JAYA INDONESIAKU....

1 komentar:

http://pan.baidu.com/share/link?shareid=310862&uk=3593180263#dir/path=%2F3DMGAME-Crysis.3.INTERNAL-RELOADED

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More