Sabtu, 31 Oktober 2009

Trick Membuat Folder Tidak Terlihat

Posting kali ini mengenai Trick Membuat Invisible Folder alias Folder yang tidak terlihat. Perlu digarisbawahi bahwa Trick ini bukan membuat Hidden Folder (Folder Tersembunyi), melainkan Invisible Folder (Folder Tak Terlihat). Dengan teknik ini, anda akan membuat Folder yang benar-benar 100% tidak terlihat meskipun anda set Show hidden files and folders ataupun Hide protected operating system files sekalipun. Untuk melakukan trick yang mungkin belum pernah anda temui ini, Ikuti langkah-langkah berikut :


1. Buatlah Folder baru dengan cara Klik Kanan-->New-->Folder dan akan tercipta Folder dengan nama New Folder.

2. Hapuslah nama Folder anda hingga tidak ada karakter yang tersisa (kosong) dengan menekan Backspace atau Delete.
Jangan Menekan Enter terlebih dahulu

3. Tekan Alt+0160 (tekan angka hanya pada NumPad) lalu tekan Enter.

NB : Jika proses yang anda lakukan sudah benar, kini Folder anda tidak akan memiliki nama (blank name).

4. Hilangkan tampilan Icon Folder dengan cara Klik Kanan pada Folder, klik Properties, pilih tab Customize, dan tekan Change Icon.

5. Di antara pilihan-pilihan Icon tersebut terdapat beberapa Icon yang tidak bergambar atau blank, pilih salah satu Icon blank tersebut seperti pada gambar di bawah dan Klik OK.


6. Klik Apply lalu Klik OK.

7. Tarraa!!! Kini Folder anda seakan-akan telah hilang dan tidak nampak pada layar.


Meskipun Folder yang anda buat tersebut kini tidak tampak mata, anda tetap bisa menyimpan File apapun di dalamnya. Untuk mengaksesnya, anda hanya perlu mengingat-ingat letaknya. Dengan demikian, orang lain tidak akan mengetahui lokasi dan keberadaan Folder yang anda buat tadi.

Demikian Trick dan Tutorial dari Embun kali ini. Jika ada pertanyaan dan masih kesulitan melakukannya, silakan menuliskan komentar di sini. Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba.

1 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More